Tips untuk Meningkatkan Kekuatan Konsentrasi pada Anak

Tips untuk Meningkatkan Kekuatan Konsentrasi pada Anak – Tidak bisakah Anda berhenti gelisah dan mengerjakan pekerjaan rumah Anda? “Aku yakin kita semua bertanya kepada anak-anak kita seperti ini setidaknya beberapa lusin kali ketika mereka belajar. Begitu juga aku!

Sebagai seorang ibu dari seorang anak perempuan berusia delapan tahun yang ceria dan banyak bicara, sering kali merupakan tantangan bagi saya untuk membuatnya duduk di satu tempat, fokus pada pekerjaan rumahnya, dan menyelesaikannya tanpa terlalu terganggu.
Dan ya, saya katakan “terlalu terganggu” karena anak-anak secara alami energik dan energik dan kita tidak dapat mengharapkan mereka untuk fokus sepenuhnya dan tidak terganggu sama sekali!

Namun, sangat mungkin untuk membantu anak fokus pada tugas dan meningkatkan keterampilan konsentrasi untuk jangka waktu yang lebih lama. Sebelum kita sampai di sana, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pahami. Anak-anak secara alami ingin tahu dengan energi yang tak tertandingi. Dan alasan utama mereka menghadapi masalah konsentrasi ini adalah karena mereka terhubung secara berbeda dengan orang dewasa.

Ketika tugas tidak menyenangkan mereka, mereka akan menjadi bosan dan dengan cepat mengalihkan perhatian mereka ke sesuatu yang lebih menarik, tidak seperti kita orang dewasa, di mana kita akan menyelesaikan tugas apa pun meskipun kita tidak menyukainya.
Vidya Ragu, seorang psikolog, spesialis dalam pembelajaran & pengembangan, akan berbicara tentang cara-cara untuk meningkatkan konsentrasi, rentang perhatian dan fokus anak-anak, dan bagaimana menangani masalah konsentrasi pada anak-anak. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi anak Anda dengan cepat dan mudah.

Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat Anak

Fokuskan permainan untuk membangun perhatian

Karena anak-anak belajar lebih banyak dengan bermain, itu selalu ide yang baik untuk mencoba dan membuat kegiatan mereka sedikit lebih menyenangkan. Simpan gadget, tablet, dan komputer dan biarkan anak-anak bermain dengan mainan biasa, kegiatan yang meningkatkan perhatian dan konsentrasi, dan berlatih konsentrasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa gadget benar-benar mengurangi rentang perhatian dan memori anak-anak sehingga harus digunakan hemat atau tidak sama sekali.

1. Game Berpikir – Anda dapat melatih dan memperkuat kemampuan anak untuk berkonsentrasi dan fokus dengan memainkan game konsentrasi yang memerlukan pemikiran, perencanaan, dan penggunaan memori. Teka-teki silang, teka-teki jigsaw, dan permainan kartu seperti ‘Memory’ dan ‘Uno’ sebenarnya meningkatkan perhatian pada kata-kata, angka, dan gambar, sementara puzzle gambar di mana anak-anak kecil Anda harus mencari hal-hal yang ‘salah’ dalam gambar atau mencari benda yang sulit ditemukan juga meningkatkan perhatian dan meningkatkan konsentrasi.
2. Sequencing – Hubungan antara belajar mengurutkan atau merangkai hal-hal dan konsentrasi sangat kuat. Mengikuti resep, mengatur meja, dan meletakkan segala sesuatu dalam urutan abjad adalah kegiatan yang bagus untuk anak-anak yang sulit berkonsentrasi.
2. Just sit (just sit) – Game ini menantang anak Anda untuk duduk di kursi tanpa bergerak atau gelisah untuk melihat berapa lama dia bisa melakukannya. Game konsentrasi lain dalam kategori ini adalah game menjadi patung. Dengan mengulangi permainan, otak anak ‘dilatih’ dan ditantang, yang menguat.

Baca Juga :

Madu Anak
Manfaat Madu Anak
Vitamin Anak

Siapkan lingkungan yang bebas gangguan

Beberapa anak merespons dengan baik di lingkungan yang tenang dan tenteram, tetapi anak-anak lain dapat berkembang di lingkungan yang sibuk. Memahami apa yang disukai anak Anda terhadap lingkungan adalah langkah pertama untuk meningkatkan tingkat konsentrasi dalam dirinya.

1. Suasana – Musik instrumental lembut dan pencahayaan lembut membantu mengatur suasana hati untuk belajar.
2. Gadget – Idealnya, semua gadget termasuk televisi, iPad, ponsel, dll. Harus dimatikan atau disimpan di ruangan yang berbeda untuk menghindari gangguan. Jika Anda perlu menggunakan komputer untuk belajar, pastikan itu hanya digunakan untuk belajar dan tidak ada yang lain.
3. Bahan-bahan yang dapat dijangkau – Jaga semua yang dibutuhkan agar anak Anda tidak perlu bangun untuk mendapatkan apa pun. Semua buku pekerjaan rumah, krayon, buku teks, pensil dan bahkan air dapat disimpan di meja atau di dekatnya. Ini juga membantu melacak berapa banyak pekerjaan yang tersisa dan membantu Anda mengatur waktu Anda dengan lebih baik. Semua ini membantu anak-anak meningkatkan fokus dan meningkatkan perhatian!

Beri mereka makan sayur dan makanan sehat

Makan makanan sehat memiliki hubungan langsung dengan seberapa baik seorang anak berkonsentrasi. Makan junk food atau makanan kaya gula membuat anak-anak melambat sementara makanan kaya protein seperti almond, telur, dan daging tanpa lemak memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan tingkat konsentrasi.
Sebuah studi yang menarik di University of Ulster, Inggris menunjukkan bahwa makan roti panggang dan kacang panggang untuk sarapan meningkatkan kesadaran. Para ahli mengatakan bahwa makan sayur dan buah-buahan menyuntikkan tubuh dengan antioksidan yang pada gilirannya meningkatkan kekuatan otak Anda.
a
Tingkatkan rutinitas yang diikuti

Penting untuk menjaga jadwal untuk anak Anda, bahkan jika itu membuatnya lebih fleksibel. Ini tidak hanya membantu manajemen waktu tetapi juga membantu memprogram otak anak Anda untuk mengetahui kapan ia harus belajar. Dan pada gilirannya ini akan membantu meningkatkan konsentrasi dalam studi!

Tidur siang dan istirahat meningkatkan konsentrasi

Sebagian besar anak memiliki konsentrasi terbaik setelah istirahat malam yang baik. Tidur siang dua puluh menit setelah sekolah atau di sore hari juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi. Waktu untuk pergi ke kamar mandi, merasa lapar, dll., Harus dijaga sebelum waktu belajar dimulai karena mereka cenderung mengganggu konsentrasi.

Sumber :
madu anak
https://www.nutrinextlastabumin.co.id/
http://www.uhuyherbal.com/

Tips untuk Meningkatkan Kekuatan Konsentrasi pada Anak | Uhuy Herbal | 4.5