Apa Perbedaan Motorik Halus dan Motorik Kasar ?

Apa Perbedaan Motorik Halus dan Motorik Kasar ? – Tentunya Anda sering mendengar dua istilah di atas keterampilan motorik kasar dan halus. Apa dua kemampuan itu?
Keterampilan motorik sederhana dapat dijelaskan sebagai tindakan yang mengharuskan bayi Anda menggunakan otot-ototnya. Keterampilan motorik kasar – berbagai gerakan besar yang dilakukan bayi Anda menggunakan tangan, kaki, atau seluruh tubuhnya.

Perbedaan Motorik Halus dan Kasar

Contoh:

Merangkak
Menjalankan
Melompat

Keterampilan Motorik Halus

Berbagai gerakan kecil yang dilakukan bayi Anda menggunakan bagian tubuh yang lebih kecil

Contoh:

Ambil benda menggunakan jari telunjuk dan jempol Anda
Pegang benda kecil dan tekan pada benda kecil lainnya
Benamkan jari-jari kaki ke pasir
Cium dan rasakan sesuatu menggunakan bibir dan lidahnya

Perkembangan Kemampuan Motorik pada Bayi

Agar lebih mudah dipahami, perkembangan bayi baru lahir dimulai dengan otak. Otak bayi yang baru lahir tentu tidak mampu mengendalikan gerakan rumit. Jadi, perkembangan bayi dimulai dari otak, kemudian turun ke bagian bawah tubuh.
Itulah sebabnya, perkembangan awal bayi dimulai dengan kemampuannya mengendalikan wajahnya, termasuk mulut, bibir, dan lidahnya. Setelah itu anak Anda akan belajar mengendalikan lehernya, lalu bahunya, lalu lanjutkan ke daerah belakang.
Kemudian dia akan belajar mengendalikan lengannya, lalu telapak tangannya, lalu jari-jarinya yang mungil.

Penjelasan Tentang Motorik Kasar

Untuk setiap area tubuhnya, bayi Anda pertama-tama akan mengembangkan keterampilan motorik kasar, kemudian keterampilan motorik halus. Untuk area tangan, misalnya si kecil Anda akan dapat mengendalikan kedua tangan untuk bertepuk tangan (motorik kasar), hanya setelah ia menguasainya, ia akan dapat memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lain (motorik halus).

Kemudian, setelah kedua kemampuan motoriknya berkembang dengan baik – hingga sekitar 3 tahun – maka ia mampu melakukan banyak hal sendiri, tanpa bantuan orang lain.

Misalnya, ketika anak Anda berusia sekitar 16-18 bulan, secara umum ia sudah bisa menggunakan mainan untuk menyortir bentuk. Keterampilan motoriknya yang kasar dapat membantunya duduk dengan seimbang, dan memegang berbagai potongan bentuk. Keterampilan motoriknya yang halus membantunya memutar dan memutar setiap bagian, kemudian memasukkannya ke dalam lubang yang memiliki bentuk yang sesuai.

Referensi artikel :
Madu Anakhttp://www.uhuyherbal.com/

Khasiat Madu Anakhttps://www.nutrinextlastabumin.co.id/khasiat-madu-anak

Apa Perbedaan Motorik Halus dan Motorik Kasar ? | Uhuy Herbal | 4.5