Manfaat Tidur Siang Bagi Pertumbuhan Otak Anak

Manfaat Tidur Siang Bagi Pertumbuhan Otak Anak – Selain makan dan minum, tidur juga merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Kurang tidur tidak hanya membuat tubuh tidak bugar, tetapi juga menghambat perkembangan anak. Laju pertumbuhan tubuh anak yang terbiasa tidur siang dan tidak jauh berbeda.

Selama anak tertidur lelap, hormon pertumbuhan atau Hormon Pertumbuhan Manusia, h-GH lebih sering ditemukan dalam darah. Hormon ini merangsang pertumbuhan tubuh anak, sehingga melalui stimulasi tidur siang proses perkembangan anak bisa lebih maksimal.

Hormon pertumbuhan ini sendiri diproduksi oleh otak dan bekerja sama dengan sistem hormonal tubuh lainnya. Sistem ini akan mendukung peningkatan tinggi dan kecerdasan otak anak. Studi internasional tentang manfaat tidur siang muncul di Washington DC. Studi ini menjelaskan bahwa tiga perlima orang Amerika yang tidak tidur siang, memiliki tingkat produktivitas kerja yang rendah.

Terlebih lagi, kurangnya tidur siang dapat memengaruhi proses pertumbuhan, kecerdasan, dan konsentrasi anak. Jika dibiarkan, dampak tidur siang dapat memengaruhi kualitas perkembangan anak di masa depan. Karena itu, cobalah untuk mendorong anak Anda agar lebih mudah tidur siang. Awalnya mungkin tidak mudah, tetapi cobalah untuk terbiasa.

Ketika kebiasaan tidur siang sudah mulai terbentuk, anak Anda akan lebih mudah berlari. Bahkan, Anda tak perlu repot merayunya. Alokasi untuk tidur siang anak Anda biasanya satu jam. Meski tidak selama tidur di malam hari, faktor kelelahan setelah belajar dan kenyang setelah makan siang bisa membuat tidur anak lebih berkualitas. Jadi, segera bawa bayi Anda untuk tidur siang, Bu.

Manfaat Tidur Siang Bagi Pertumbuhan Otak Anak

Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

1. Merangsang Pertumbuhan Anak

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University Medical School menunjukkan bahwa anak-anak yang secara rutin tidur siang memiliki pertumbuhan tubuh yang jauh lebih optimal dibandingkan dengan anak-anak yang tidak ingin tidur siang.
Hal ini disebabkan oleh adanya hormon pertumbuhan atau yang biasa disebut dengan hormon pertumbuhan manusia (h-Gh) yang jauh lebih aktif mengalir dalam darah ketika anak sedang tidur siang.

Hormon-hormon ini diproduksi oleh otak dan bekerja bersama dengan hormon lain, misalnya hormon eceng gondok, ginjal, tulang dan otot, yang semuanya dapat membantu proses pertumbuhan anak.

2. Lebih bahagia

Balita yang berusia di bawah 2 tahun yang tidak tidur siang atau kurang tidur, lebih cenderung mengalami stres dan ketidakbahagiaan. Jadi, sebagai hasilnya nanti di usia dewasa, mereka cenderung berisiko mengalami gangguan mental.
Ini bisa terjadi karena ketika anak-anak kurang waktu untuk tidur, mereka cenderung menjadi lebih rewel, lebih cemas dan tidak tertarik pada hal-hal di sekitar mereka.

Karena itu, inilah mengapa anak-anak bisa lebih bahagia, tidur siang sehingga nanti mereka bisa menghindari perasaan stres dan cemas.

3. Mencegah penyakit tubuh

Dengan tidur siang untuk si anak, tentu saja bisa mencegah datangnya berbagai jenis penyakit di tubuh si anak. Secara umum, anak-anak sakit ketika sistem kekebalan tubuh mereka mulai melemah. Dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh anak disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah waktu istirahat anak yang kurang.

Beri anak istirahat dengan waktu yang cukup, sesuaikan juga kebutuhan tidur anak dengan usia mereka. Jika anak kurang istirahat, maka metabolisme tubuh menjadi terganggu, dengan demikian tentu saja daya tahan tubuh anak menjadi lebih lemah.
Dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh anak, ia dapat memfasilitasi berbagai macam penyakit untuk masuk ke tubuhnya.

Tentu saja semua orang tua ingin anak-anak mereka sehat, bukan? Jadi, mengapa tidak memulai dengan menerapkan pola tidur yang baik untuk anak-anak?

4. Pertahankan Berat

Salah satu tingkat kesehatan seorang anak dapat dilihat melalui berat badan. Tidur siang adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga berat badan si kecil.
Berikan anak Anda waktu istirahat yang cukup dan jangan biarkan anak itu memilih untuk bermain atau bahkan menonton televisi dibandingkan dengan tidur siang.
Ajari anak-anak apa manfaat dari tidur siang, sehingga anak-anak dapat lebih mudah meminta atau diminta tidur di siang hari.

5. Tingkatkan mood anak

Anak-anak yang memiliki kualitas tidur yang baik umumnya lebih bahagia daripada anak-anak yang tidak cukup tidur. Biasanya, anak-anak yang kurang waktu tidur cenderung lebih rewel, mudah cemas dan tampak cengeng.

Inilah yang tidak dapat dipahami karena kondisi tubuh menjadi tidak nyaman, lelah dan stres. Anak-anak juga menjadi lebih sulit diatur, salah dan lebih cepat marah.

Referensi artikel :
Madu Anakhttp://uhuyherbal.blogspot.com/

Vitamin Anakhttps://www.nutrinextlastabumin.co.id/vitamin-anak

Manfaat Tidur Siang Bagi Pertumbuhan Otak Anak | Uhuy Herbal | 4.5