Cara Mengajar Anak Hiperaktif di Sekolah

Cara Mengajar Anak Hiperaktif di Sekolah – Memiliki siswa yang hiperaktif bukanlah hal yang mudah, terutama jika anak tersebut memang agak sulit dikelola, dan tidak mau diam dibandingkan dengan anak-anak lain atau siswa di kelas. tetapi sebagai guru atau guru kita perlu memiliki kesadaran akan terjadinya gangguan pada anak yang memiliki perilaku hiperaktif seperti ini, karena biasanya bila tidak ditangani secara spesifik akan membahayakan dan mengganggu anak lain, dan yang lebih parah dapat meningkatkan gangguan mental pada anak.

Untuk anak-anak yang memiliki karakteristik hiperaktif biasanya memiliki karakteristik yang berbeda dari anak-anak lain.

Cara Mengajar Anak Hiperaktif di Sekolah

Ciri Ciri Anak Hiperaktif

– Anak itu mudah lupa dan tidak pernah menyelesaikan tugasnya
– Anak-anak lebih cenderung menghindari tugas yang diberikan
– Anak-anak akan lebih sulit untuk memperhatikan berbagai tugas dan juga untuk bermain kekuatan
– Anak-anak memiliki perilaku yang membuat diri mereka sulit diterima oleh teman-teman lain.
– Anak-anak cenderung pendiam dan sangat sulit ketika mereka berada di kelas
– Anak-anak memiliki aktivitas motorik yang berlebihan, membuat mereka sulit diatur.
Dari berbagai karakteristik yang dimiliki oleh anak-anak hiper-adiktif, tentu saja harus ada berbagai cara untuk dapat menghadapi anak-anak yang memiliki siat seperti ini

Cara Mendidik Anak Yang Hiperaktif

1. Cari faktor pemicu untuk perilaku tersebut

Sebagai guru atau guru, kita harus mencari faktor-faktor yang membuat anak memiliki sikap huperaktif seperti ini, misalnya, apakah ketika itu sulit untuk tetap tinggal karena merasa bosan atau butuh perhatian khusus dari orang-orang di sekitar mereka. sehingga nantinya beberapa teknik bisa dilakukan untuk menghilangkan faktor-faktor ini.

2. Memberikan apa yang diinginkan anak, sebelum kemudian dia menuntutnya

Metode ini juga dapat dilakukan untuk anak-anak di kelas yang memang memiliki hiperaktif, misalnya dengan memberikan perhatian sebelum anak mencari perhatian, dan mengalihkan berbagai kegiatan lain, jika anak mudah bosan.

3. Memindahkan anak-anak

Metode ini juga dapat dilakukan dengan memindahkan anak-anak dari berbagai perilaku yang benar-benar tidak boleh terjadi

4. Berikan hukuman kepada anak-anak

Metode ini sebenarnya tidak baik untuk dilakukan, tetapi ada juga beberapa hal yang dapat menyebabkan metode ini dilakukan, misalnya ketika berbagai prosedur yang dilakukan tidak berhasil, tetapi jangan memberikan hukuman yang dilakukan dalam kemarahan, Anda harus cukup beri hukuman ringan dan juga efektif untuk anak-anak

5. Mengembangkan perilaku

Cara ini dapat dilakukan dengan mempertahankan perilaku yang baik dan mengembangkannya ke arah yang lebih baik, juga dapat dilakukan dengan memperkuat berbagai perilaku dalam bentuk penghargaan. misalnya ketika Anda tidak melakukan hal-hal yang benar dan terpuji, anak Anda diberi hadiah atau hadiah sehingga nantinya Anda dapat mempertahankan sikap yang sama.

Referensi artikel :
Madu Anakhttp://uhuyherbal.blogspot.com/

Vitamin Anakhttps://www.nutrinextlastabumin.co.id/vitamin-anak

Cara Mengajar Anak Hiperaktif di Sekolah | Uhuy Herbal | 4.5