Cara Membuat Anak Merasa Spesial dan Dicintai

Cara Membuat Anak Merasa Spesial dan Dicintai – Setiap orang tua harus mencintai anak mereka. Tetapi sibuk bekerja, mengurus rumah, bersosialisasi, berbisnis, dan melakukan berbagai hal lain, terkadang orangtua tidak menyadari bahwa mereka lupa membuat anak-anak mereka merasa istimewa dan dicintai dengan sepenuh hati.

Meskipun merasa dihargai, dicintai, dan istimewa di depan orang-orang terdekat sangat penting untuk dimiliki seorang anak. Dengan merasa dirinya istimewa di hadapan orang tuanya, anak-anak akan memiliki harga diri yang tinggi, tidak mudah menyerah, dan menumbuhkan sikap menghargai orang lain.

Jika Anda berpikir untuk memberikan mainan mahal, liburan mewah, atau fasilitas lengkap untuk anak-anak untuk merasa istimewa, Anda salah. Leigh Leverrier, konsultan untuk kehidupan keluarga di Washington D.C. mengatakan, “Anak-anak merasa istimewa ketika mereka dihargai, menyadari keberadaan mereka, dan mendengarkan.”

Sementara itu Doris Jeanette, seorang psikolog dari Philadelphia, mengatakan bahwa interaksi dengan anak-anak bukan hanya kegiatan, tetapi ada energi di balik kegiatan yang membuat anak merasa dicintai.

Hal Yang Membuat Anak Selalu Merasa Spesial dan Bahagia

1. Ciptakan momentum pagi

Apa yang terjadi di pagi hari pada anak Anda akan berdampak pada suasana hati Anda sepanjang hari. Ciptakan momen pagi yang menyenangkan. “Pagi akan menentukan warna hari itu,” kata Bob Lancer, penulis buku Parenting with Love, Without Anger or Stress. Alokasikan barang-barang 10 menit ketika anak Anda membuka matanya, berikan dia salam selamat pagi.

Baca Juga :

Madu Anak
Manfaat Madu Untuk Anak
Khasiat Madu Anak

Mintalah anak-anak berbicara, bercanda, menyiapkan sarapan, atau hanya bermalas-malasan di tempat tidur, tanpa menunjukkan bahwa pagi hari akan sangat macet dan Anda harus bergegas pergi ke kantor. Jadikan pagi dan anak Anda penentu suasana hati yang baik setiap hari.

2. Berikan sentuhan fisik

Karen Maezen Miller, penulis buku Momma Zen: Walking the Crooked Path of Motherhood, mengatakan sentuhan fisik sangat penting untuk membuat anak merasa terhubung dan istimewa.

“Ambil setiap kesempatan untuk memberikan rasa aman dan cinta dengan kebahagiaan dari sikap fisikmu seperti pelukan, ciuman, gelitik, berpegangan tangan. Mendekati,” kata Miller.

3. Ceritakan kisah mereka

Anak-anak suka menjadi pusat perhatian. Jika anak memiliki kesempatan untuk menjadi pahlawan dalam ceritanya, itu pasti akan menjadi kisah favoritnya sebelum tidur. Ceritakan kisah lucu ketika anak Anda kecil, kenangan yang tak terlupakan bersama Anda, minta mereka untuk mengingat saat-saat indah itu. Buat si anak hanya mengingat hal-hal indah dalam hidupnya.

4. Minta bantuan

Sangat penting untuk membuat anak-anak merasa ada dengan menghitungnya dalam suatu pekerjaan. Libatkan anak-anak dalam pekerjaan rumah. Minta bantuan dalam melakukan hal-hal sederhana seperti membuang sampah, mematikan televisi, atau merapikan mainan itu sendiri.

Ingat, Anda meminta bantuan, tidak diperintah atau dimarahi. Jangan lupa mengatakan “tolong”, hindari memerintah dengan nada tinggi apalagi berteriak.

5. Langgar aturan

Anak-anak suka melanggar aturan. Sesekali, jadilah sekutu dengan melanggar aturan rumah bersama. Makanlah semangkuk besar es krim, tidur larut, dan lupakan tentang mandi.
Beberapa orang tua melakukan pelanggaran yang cukup ekstrem dengan membiarkan anak-anak bolos sekolah dan mereka mengambil cuti kompak. Namun manfaatkan saat melewatkannya untuk menikmati waktu berkualitas bersama anak. Mereka harus senang menemukan “pasangan dalam kejahatan”.

Sumber :
madu anak
https://www.nutrinextlastabumin.co.id/
http://www.uhuyherbal.com/

Cara Membuat Anak Merasa Spesial dan Dicintai | Uhuy Herbal | 4.5