Bahaya HP Bagi Anak di Bawah Usia 12 Tahun

Bahaya HP Bagi Anak di Bawah Usia 12 Tahun – Bahaya menggunakan gadget pada anak-anak harus dihindari, dengan tidak membiarkan mereka terpapar teknologi secara berlebihan. Apalagi diberikan hak kepemilikan ketika mereka masih di bawah 12 tahun, karena dapat menghambat pertumbuhan otak, mental, bahkan fisik.

Akademi Dokter Spesialis Anak Amerika dan Asosiasi Dokter Anak Kanada menegaskan, anak-anak berusia 0-2 tahun mungkin tidak terpapar teknologi sama sekali. Anak-anak berusia 3-5 tahun dibatasi untuk menggunakan teknologi hanya satu jam per hari. Dan anak-anak berusia 6-18 tahun dibatasi hingga 2 jam per hari.

Anak-anak dan remaja yang menggunakan teknologi melebihi batas waktu yang disarankan, memiliki risiko kesehatan serius yang dapat mematikan.

Berikut ini adalah 10 bahaya menggunakan gadget pada anak-anak, yang bersumber dari berbagai penelitian. Sehingga bisa menjadi alasan kuat mengapa orang tua sebaiknya tidak memberikan gadget kepada anak sebelum usia 12 tahun.

Bahaya HP Bagi Anak

Bahaya menggunakan gadget pada anak-anak yang harus diwaspadai orang tua

1. Mengganggu pertumbuhan otak anak

Pada usia 0-2 tahun, otak seorang anak tumbuh dengan cepat hingga ia berusia 21 tahun. Perkembangan otak anak usia dini dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan.
Stimulasi berlebihan gadget (ponsel, internet, tv, ipad, dll.) Di otak anak yang sedang berkembang, dapat menyebabkan keterlambatan koginitif, gangguan dalam proses belajar, mengamuk, meningkatkan impulsif, dan menurunkan kemampuan anak untuk mandiri.

2. Pertumbuhan dan perkembangan yang lambat

Bahaya menggunakan gadget pada anak-anak, juga membatasi gerakan fisik mereka. Apa yang membuat pertumbuhan dan perkembangan fisik anak menjadi terlambat. Paparan teknologi sejak usia dini juga berdampak negatif terhadap literasi dan prestasi akademik anak-anak.

Baca Juga :

Madu Anak
Manfaat Madu Anak
Vitamin Anak

3. Obesitas

Penggunaan televisi dan video game terkait dengan meningkatnya kasus obesitas pada anak-anak. Perangkat elektronik yang dipasang di kamar anak-anak dan dapat diakses secara pribadi dapat meningkatkan risiko obesitas hingga 30%.
30% anak-anak yang menderita obesitas, akan menderita diabetes, memiliki risiko tinggi terkena stroke dini atau serangan jantung, dan harapan hidup yang rendah.

4. Kurang tidur

75% anak-anak berusia 9-10 tahun mengalami kurang tidur karena penggunaan teknologi yang tidak dijaga. Kurang tidur akan berdampak negatif pada nilai sekolah mereka, karena otak berkembang dengan baik selama tidur, dan anak-anak membutuhkan tidur yang cukup sehingga otak mereka dapat berfungsi dengan baik.

5. Gangguan mental

Penelitian di Bristol University pada 2010 mengungkapkan bahwa bahaya menggunakan gadget pada anak-anak dapat meningkatkan risiko depresi, gangguan kecemasan, kurang perhatian, autisme, gangguan bipolar, psikosis, dan perilaku bermasalah lainnya.

Sumber :
madu anak
https://www.nutrinextlastabumin.co.id/
http://www.uhuyherbal.com/

Bahaya HP Bagi Anak di Bawah Usia 12 Tahun | Uhuy Herbal | 4.5